Tiap Agustus Rakyat Bingung, Sudah Merdeka atau Belum


Setiap bulan Agustus jelang perayaan hari kemerdekaan, hampir pasti rakyat Indonesia dilanda kebingungan menentukan jawaban dari pertanyaan berikut, "sudah merdekakah kita?".

Hal itu diutarakan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, Adhi Massardi, saat mengisi diskusi bertajuk "Merdeka Tapi Cemas" di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, (14/8).

"Setiap bulan Agustus rakyat bingung, apakah kita sudah merdeka. Kalau saya tanya teman-teman saya di Jawa, mungkin jawabnya sudah merdeka. Tapi kalau di Maluku atau di Sumatera mungkin masih mempertanyakan kemerdekaan itu dan itu akan dianggap subversif," jelasnya.

Indikator lain yang menyatakan bahwa publik semakin bingung akan status kemerdekaannya, lanjut mantan jurubicara Presiden Gus Dur ini, bahwa faktanya hampir semua kekuatan bangsa yang seharusnya dikuasai rakyat malah diserahkan ke asing.

"90 persen sumber daya alam kita dikendalikan asing. Begitu juga kedaulatan ekonomi politik. Dengan begitu cukup beralasan kita akui pernyataan Belanda bahwa kita belum merdeka," terangnya.

Adhie kemudian menampilkan kasus lain yang kian memojokkan makna kemerdekaan Indonesia.

"Lihat saja itu orang lagi beribadah diserang Ormas, itu tidak menunjukkan kemerdekaan fisik sekaligus kemerdekaan beribadah," tegasnya.

Sumber : http://rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=1149




comment 6 komentar:

tazkira on 17 Agustus 2010 05.07 mengatakan...

yang penting kita rayakan..

Yogastio Esa Dimmarca on 19 Agustus 2010 05.28 mengatakan...

Sekali merdeka tetap merdeka gan! Haha

OeMpaK on 23 Agustus 2010 16.38 mengatakan...

ya mudah"an dengan bertambahnya usia kemerdekaan, bisa menjadikan pelajaran bwt bangsa kita ini, bahwa kemerdekaan harusnya bisa dirasakan oleh semua orang di negara kita

david on 23 Agustus 2010 20.53 mengatakan...

bos kabarnya 17 th ini,ada paskibraka yang mengibarkan bendera sempat terbalik boos jadi putih merah.

Yogastio Esa Dimmarca on 24 Agustus 2010 06.13 mengatakan...

Mendengar dan melihat Paskibraka Papua Melakukan kesalahan paling FATAL saat upacara (bendera terbalik), Waduh saya gak bisa bayangkan bagaimana malunya pelatih mereka... :(

BANDARQ on 2 Mei 2017 12.32 mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


kunjungi web kami juga ya gan www.kristalpoker.com - Domino 99 | Domino Qiu Qiu | Situs Poker Online | BandarQ | Poker88 Indonesia

Posting Komentar

Silahkan beri komentar demi kemajuan blog ini dan jangan komentar bernada spam ya! Terima kasih.